DANKORMAR MERESMIKAN BEBERAPA SARANA POTENSI DI BUKIT ARTILERI CILANDAK

Dispen  Kormar (Jakarta). Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono SH.,MH.,M. Tr. Han. meresmikan nama gedung Bapra Pasmar-1 dan beberapa sarana olah raga yang berpotensi menggugah semangat para Prajurit Petarung Marinir untuk lebih giat lagi berlatih dan berolah raga di Bukit Artileri Marinir Cilandak kawasan Jogging Track Marinir Cilandak Jakarta Selatan, Jum’at (10/08/2018).

 

Untuk gedung Bapra Pasnmar-1 diberi nama gedung “Kalawai” bahasa Maluku yang berasal dari dua suku kata, Kala dan Way, Kala mempunyai arti Tikam dan Way mempunyai arti Air. Sehingga bila diartikan secara etimologis, kata Kalawai, memiliki pengertian “ Senjata yang dipergunakan untuk menikam di air”. Kalawai adalah senjata tradisional Maluku sejenis tombak yang memiliki 3 mata tombak  mirip Trisula yang digunakan oleh para penduduk Maluku sebagai senjata tradisional untuk berburu dilaut.

 

Dan untuk sarana-sarana olah raga dan pendukung lainnya yang diresmikan Dankormar di Bukit Altileri adalah Lapangan Tembak  PCP (Pre Charged Pneumatic) atau senapan angin dengan tenaga O2 murni, Tire House (Sarana pertempuran jarak dekat), Lapangan Panahan, Lapangan Lempar Kapak dan Pisau, Gedung Kima Menart-2 Marinir, Gazebo, Mushalah, Kantin dan Penjagaan yang lokasinya diberi nama “Sarana Olah Raga Kopda Mar (Anumerta) Maryoto.

 

“Kopda Mar Anumerta Maryoto adalah adalah salah satu prajurit kebanggan Resimen Artileri-2 Marinir yang gugur sebagai Patriot Kusuma Bangsa pada saat melaksanakan tugas Satgas Muara Marinir tahun 2003-2004 di Aceh. Dia menjadi korban baku tembak dengan musuh pada hari Rabu, 09 Juli 2003 saat sedang menolong temannya yang terluka dalam pengejaran target di pengendapan titik koordinat 0945-9085”. Ucap Narator.

 

Selain itu sebagai sebagai sarana pendukung lainnya, diresmikan juga kantin kolam renang “Suswandi” Pasmar-1 yang diberi nama kantin “Badik Corner” dan di kelolah oleh Kepala Primer Koperasi Menbanpur-1 Marinir Lettu Mar Joko Sutikno yang memliki jabatan sehari-hari Wadanki B Yonkomlek-1 Marinir Menbanpur-1  Pasmar-1 (Jakarta).

 

Pada awal amanatnya Komandan Korps Marinir mengucapkan terima kasih kepada Danpasmar-1 dan Danmenart-1 yang telah menghormati dan menghargai Kopda Mar (Anumerta) Maryoto yang telah gugur di medan tugas, nama ini kita abadikan di Bukit Artileri dan Dankormar berharap generasi penerus, rekan-rekan adik-adiknya dapat meneruskan perjuangan Almarhum.

 

“Hal ini bukan hanya wujud penghormatan dari Menart-1 saja, tapi juga wujud Pasmar-1 dan tentunya yang lebih besar lagi, wujud penghormatan dari Korps Marinir dalam rangka menghargai dan menghormati serta rasa  bangga Korps Marinir terhadap anggotanya yang gugur di medan tugas. Untuk mengenang jasanya, bagi prajurit terbaik Korps Marinir tersebut perlu diabadikan menjadi salah satu nama fasilitas dilingkungan Ksatrian Marinir Hartono Cilandak yaitu Sarana Olah Raga Kopda Mar (Anumerta) Maryoto” Tambah Jendral Marinir bintang dua tersebut.

 

Pada akhir sambutannya Komandan Korps Marinir menggaris bawahi bagaimana para Perwira bersama-sama bahu membahu membangun Korps Marinir, membangun Korps Marinir tidak hanya dari segi profesialisme tetapi membangun dari sisi yang lain, yaitu pembangunan insfratuktur kemudian membangun keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, inilah salah satu wujud kita membangun Korps Marinir yang lebih modern.

 

Setelah menyampaikan sambutannya orang nomor satu di Korps Marinir itu menyampaikan pernyataan secara resmi bahwa seluruh sarana di Bukit Arteleri ini sudah bisa digunakan sambil memecet tombol pembuka krey papan nama kemudian penanda tanganan “Prasasti Nama Bapra Pasmar-1” dan “Sarana olah raga Kopda Mar (Anumerta) Maryoto dan dilanjut dengan Tour Fasliti ke sarana-sarana yang diresmikan.

 

Hadir pada acara peresmian tersebut Danpasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah M. Tr. (Hanla), Pejabat utama Kormar dan pejabat tersa Pasmar-1 serta para Dankolak Korps Marinir Wilayah Jakarta.