MARINIR DUKUNG PEMKAB SIDOARJO TERTIBKAN PKL

Dispen Kormar (Sidoarjo). Prajurit Marinir dari Pasmar-2 mendukung Pemda Sidoarjo menertibkan PKL di sekitar Perumahan Gading Fajar, Sidoarjo. Minggu (13/05/2018)

 

Perumahan Gading Fajar dengan lokasi strategis di kota Sidoarjo dengan fasilitas jalan yang lebar, dekat dengan GOR Sidoarjo yang tentunya ramai pada sore dan malam hari, hal tersebut tentunya membuat para pedagang tertarik untuk berjualan di lokasi tersebut.

 

Bahu jalan yang lebar, ruang hijau terbuka yang seharusnya untuk penghijauan, selama beberapa tahun telah menjadi lokasi dagang para PKL.

 

Hal ini tentu lama kelamaan akan membuat rasa tidak nyaman bagi para pemakai jalan terutama warga perumahan itu sendiri, kemacetan dilokasi tersebut semakin hari semakin parah. Sehingga membuat warga setempat dan Pemkab Sidoarjo bertindak.

 

Pemkab Sidoarjo merasa bertanggung jawab, untuk mengembalikan lokasi ruang hijau terbuka yang menjadi lokasi dagang PKL kembali sesuai fungsinya sebagai lokasi penghijauan, tentunya hal tersebut untuk memenuhi luas ruang hijau terbuka yang idealnya adalah 40% dari luas suatu wilayah.

 

Atas inisiatif dari Pemkab Sidoarjo, bersama unsur lain dari TNI AD, Kepolisian, Satpol PP dan juga dari perwakilan warga setempat, prajurit Marinir dari Pasmar-2 bersama-sama melaksanakan penertiban para PKL.

 

Bukan pekerjaan yang mudah untuk melaksanakan penertiban PKL, karena mereka ada yang sudah bertahun-tahun berjualan di lokasi tersebut, namun berkat kerja sama dari semua pihak, sekarang sudah mulai terlihat hasilnya. Ruang hijau terbuka sudah dikembalikan sesuai fungsinya. Hal tersebut tidak lantas selesai sampai disitu saja, ada saja ulah PKL yang berusaha kembali berjualan di lokasi yang sudah terpasang rambu larangan untuk berjualan.